Cara Mengatasi Tembok Lembab Yang Lebih Praktis

Permasalahan yang paling utama dan paling sering dihadapi oleh rumah berdinding tembok diantaranya adalah tembok retak dan tembok lembab. Mengatasi tembok retak caranya jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara mengatasi tembok lembab, untuk itu untuk mengatasi tembok anda yang mengalami tingkat kelembapan tinggi bahkan hingga menimbulkan jamur – jamur tembok yang membuat penampilan tembok jauh lebih kumuh dan kucel memerlukan cara serta perhatian yang lebih dan mengkhusus. Mengatasi masalah tembok yang lembab tidak cukup hanya mengecat ulang bahkan jika anda ingin mengaci ulangpun dibutuhkan banyak pengerjaan yang ekstra karena tembok yang lembab merupakan permasalah yang cukup serius. Untuk itu berikut akan dibahas beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai referensi dalam memperbaiki keadaan tembok anda yang lrusak karena lembab.

Beberapa cara mengatasi tembok lembab diantaranya adalah dengan menggunakan wallpaper atau karpet tembok sehingga bisa mengcover tembok anda agar terhalang bagian – bagian yang terkena kerusakan akibat lembab, namun dalam hal ini penggunaan wallpaper tembok dirasa jauh lebih menggunakan dana yang besar karena harga wallpapernya saja sudah sangat mahal ditambah lem tembok dan biaya pembayaran pemasangan wallpaper tembok atau biaya tukang, padahal wallpaper lebih membuat penampilan tembok anda jauh lebih menarik dan cantik dengan balutan berbagai motif yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan keinginan anda. untuk itu ada solusi lain yang ditawarkan bagi anda yang ingin memperbaiki tembok anda yang rusak karena lembab yaitu menggunakan karpet tembok yang sebeumnya telah disebutkan. Kenapa karpet tembok digunakan sebagai alternatif cara mengatasi tembok lembab yang lebih praktis dan ekonomis dibandingkan dengan pengacian ulang dan penempellan wallpaper? Tentunya karena karpet embok jauh lebih murah dan sama amannya. Beberapa cara pemasangan karpet tembok diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. pertama siapkan alat – alat dan bahan yang dbutuhkan anda dalam melakukan pengkarpetan tembok rumah anda seperti kuas, lem, karpet tembok, dan alat pengerik tembok
  2. kelupaslah tembok bagian luar terutama tembok yang terkena lembab sampai lembabnya hilang dan tembok menjadi kering
  3. bersihkan bagian tembok yang telah dikelupas dengan kuas besar atau lap bila ada, hal ini dilakukan untuk membuat lem menempel pada tembok dan karpet
  4. aduk lem terlebih dahulu, dan oleskan lem pada tembok menggunakan kuas yang telah disediakan sebelumnya
  5. pasanglah karpet dinding yang anda beli denga mengurutnya dari bagian atas kebagian bawah secara beraturan dan hati – hati, hindari gelembung pada karpet karena bisa mengakibatkan penampilan dinding anda rusak.

Memiliki tembok yang lembab memang seringkali menjadi penganggu kenayaman dirumah, terutama jika ada tamu yang berkunjung kerumah dan ruang tamu anda terlihat lembab bahkan berjamur maka rasa percaya diri anda terhdap penampilan rumah anda akan menurun sangat drastis, untuk itu ada baiknya jika anda segera mencegah dan mencari cara mengatasi tembok lembab untuk mempermudahnya anda bisa menjadikan tips diatas sebagai referensi untuk mengubah tembok anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saran lain agar karpet tembok ana terlihat mewah maka cerdaslah dalam memilih motif karepet tembok pastikan karpet tembok anda modis dan modern sehingga anda bisa tampil percaya diri jika ada tamu atau orang luar yang berkunjung kerumah anda. jangan tunggu sampai tembok berjamur ya, gunakan tips diatas untuk menjaga dan mempertahankan keindahan tembok rumah anda.

Cara Mengatasi Tembok Retak Dengan Mudah

Memiliki rumah dengan dinding tembok memang membuat penampilan rumah anda terlihat lebih mewah apa lagi ditambah dengan polesan cat yang mempercantik dinding rumah anda. Namun banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi ketika memiliki rumah yang bertembok salah satunya yaitu tembok retak. Nah lalu bagaimanakah cara mengatasi tembok retak yang sering dialami oleh dinding rumah anda?. Kntuk membuat penanmpilan rumah anda tetap terlihat indah dan rapih maka sebaiknya anda selalu memperhatikan keadaan dinding rumah anda agar selalu terhindar dari masalah yang sering dihadapi oleh rumah berdinding tembok salah satunya adalah retaknya tembok rumah anda. keadaan tembok yang retak sering kali membuat rasa percaya diri anda menurun ketika ada tamu yang berkunjung apa lagi jika tembok yang rusak tepat berada pada bagian tembok ruangan yang sangat terekspos seperti misalnya diruang tamu, kamar mandi rumah, kamar tamu, bahkan bagian luar rumah. Dinding tembok yang retak biasanya sering membuat penampilan rumah menjadi kumuh dan jelek.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda segera melakukan beberapa pencegahan agar dinding tembok rumah anda tidak menjadi lebih parah lagi dan terhindar dari keretakan yang sewaktu – waktu dapat membahayakan keselamatan keluarga anda dirumah. Cara mengatasi tembok retak salah satu cara termudahnya adalah dengan cara mengecat ulang tembok rumah anda dan membongkar lapisan luar tembok serta mengaci kembali agar retakan tembok menjadi terhalan dan tembok menjadi terlihat seperti baru lagi. Melakukan pekerjaan ini memang terdengar agak berat dan sulit selain itu biaya yang dikeluarkanpun tak sedikit. Meskipun ada cara lain yang lebih praktis namun mengecat dan mengaci ulang tembok anda jauh lebih murah dan menyenangkan. Cara – cara mengecat dan mengaci ulang tembok retak anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. utamakan ruangan – ruangan yang sangat terekspose dan mudah dilihat oleh tamu atau orang yang berkunjung kerumah
  2. siapkan alat bahan seperti kuas, cat, aci tembok, dan penggerus tembok untuk mengupas tembok bagian luar dan peralatan lainnya yang sekiranya dibutuhkan
  3. mulailah mengelupasi tembok anda yang terkena retakan namun untuk menghilangkan perbedaan antara tembok lama dan tembok baru maka kelupaslah semua bagian tembok yang akan anda cat ulang
  4. bikin adonan aci tembok untuk memoles dasar dinding lalu polesah bagian dinding anda secara merata
  5. tunggu hingga mengering dan mulailah mengecat hingga rata dan rapih. Hindari kesalahan – kesalahan kecil agar hasil dari pengecatan ulang rumah anda tampak sempurna

Dari beberapa cara mengatasi tembok retak diatas anda bisa mulai memperbaharui dan memperbaiki tembok retak rumah anda. Mulailah dengan menyediakan beberapa budget atau biaya yang dibutuhkan sehingga jika nanti ada pengeluaran dana yang meluber anda sudah mengantisipasinya terlebih dahulu. Selain itu untuk mengurangi pengeluaran dana maka sangat disarankan untuk menggunakan bahan – bahan sesuai kebituhan saja tanpa menggunakan tambahan – tambahan lain tau gunakanlah bahan – bahan dengan irit dan tidak menghamburkan bahan. Menggunakan cara mengatasi tembok retak seperti ini jauh lebih menjamin keamanan tembok anda dibandingkan dengan menggunakan penutup tembok seperti wallpaper atau karpet tembok. Karena tembok yang retak beda kasusnya dengan tembok yang lembab sehingga penanganannyaun jauh lebih aman jika dengan melakukan pengacian dasar ulang dan pengecatan tembok ulang. Jangan sampai salah menggunakan bahan – bahannya.

Cara Plamir Tembok Yang Benar

Siapa yang tidak tahu mengenai plamir tembok? Bagi anda yang sering memperindah tembok menggunakan plamir pastinya sudah mengetahuinya. Disini akan dijelaskan dengan mudah cara plamir tembok yang benar. Akhir-akhir ini plamir sering digunakan oleh para aplikator bangunan untuk meratakan tembok, apabila tembok yang telah selesai di plester + aci sudah rapih maka tidak memerlukan proses plamir. Biasanya proses plamir dilakukan dalam proses pembuatan tembok dengan menggunakan teknik manual tanpa mesin plester, setelah plester + aci adalah hal yang lumrah hasil plester aci tersebut tidak rata maksimal karena keterbatasan dari skill aplikatornya, yang sering kita jumpai seperti tembok bergelombang atau pun retak,

(Baca: Mesin Plester Tembok, lebih cepat, rapih dan murah)

Plamir sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti dempul dilakukan sebelum pengecetan.mengenai bahan – bahan plamir untuk menambah pengetahuan anda, yaitu pertama ada semen putih, kedua super semen, ketiga ada lem pvac, yang keempat kalsium. Untuk bahan jadi, Plamir bisa anda dapatkan di toko bangunan dengan harga yang terjangkau bagi anda. Semua orang bisa melakukan plamir namun ada teknik – teknik yang memang harus dimengerti dan dipahami oleh anda sebelum melakukan plamir.

Komposisi melakukan cara plamir tembok ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu :

  • Untuk Interior bahan yang dibutuhkan, :
  • Tersedianya lem putih pvac untuk perekat
  • Tersedia semen putih untuk dasar plamir
  • Kalsium,
  • Casting, namun jika diperlukan untuk dibutuhkan
  • Butuh timba kecil dan adukan
  • Kapi besar dan kecil yang berbahan PVC

 

Untuk Langkah Kerjanya,

  • Anda bisa mencairkan dulu 1 kilogram lem pvac dengan air bersih ke dalam ember
  • Lalu campurkan semen putih, kalsium kedalam ember dengan takaran 1 kg lem, 1 kg semen putih, 1 kg kalsium, jika anda ingin cepat bisa menambahkan casting, aduk secara merata.
  • Dalam pembuatan plamir bisa dilakukan sedikit demi sedikit, namun jangan langsung dicampur dengan bahan yang banyak, maka akan cepat menggumpal plamirnya.
  • Lalu oleskan plamir arah vertikal di dinding kemudian untuk lapis selanjutnya arah horisontal, maka sampai dinding menjadi rata.
  • Tunggulah lapisan pertama kering, lalu lanjut lapisan kedua
  • Untuk penghalusan pakailah amplas secara memutar

 

Seorang profesional akan lebih memilih cara plamir tembok yang aman. Cara yang telah dijelaskan bisa anda langsung terapkan dan akan dilakukan plamir tembok anda. Tembok anda yang tidak rata akan lebih rapih jika menggunakan plamir, plamir akan lebih berguna untuk tembok yang retak sebelum di cat. Untuk bagian eksterior disarankan untuk tidak menggunakan plamir, anda bisa cukup menggunakan lem putih saja cukup. Tidak akan membutuhkan banyak dana untuk melakukan plamir tembok rumah. Dalam melakukan plamir tembok pastikan tembok bersih dari jamur atau lumut, jika masih ada sebaiknya lakukan pengamplasan hingga bersih. Jika masih menempel dan dipaksakan di plamir, maka hasilnya pun tidak akan memuaskan yang akan menyebabkan daya lekat cat tembok tidak maksimal.

Jika anda saat ini sedang membuat dinding baru dan bukan sedang merenovasi dinding yang sudah ada, kami sarankan agar anda melakukan pester + aci dengan menggunakan bahan rendering dan menggunakan mesin plester, bahan mortar rendering ini memungkinkan untuk memlester + aci dengan sekali aplikasi gunakan juga mesin plester untuk kerapihan, kecepatan dan kestabilan hasil.

Bagaimana Cara Mengecat Tembok

Bagi anda yang ingin mempercantik rumah agar terlihat lebih elegant di mata orang lain bisa mengecat tembok rumah. Dalam hal ini akan dijelaskan cara mengecat tembok yang mudah dan aman. Cat merupakan pilihan yang tepat untuk memperindah rumah, dengan anda memilih warna yang cerah akan terlihat lebih rapih. Disini akan dijelaskan cara cat tembok yang baik dan benar. Dalam mengecat bukanlah hal yang mudah, karena ada beberapa teknik yang harus dilakukan, akan tetapi jika anda belum menguasai teknik dasar mengecat jangan mencobanya, pelajarilah hal – hal dasar dalam mengecat. Untuk dapat mendapatkan hasil yang cat yang baik dan memuaskan, ikutilah cara teknik mengecat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Belilah cat yang berkualitas, harga yang mahal tidak akan membohongi kualitas cat tembok rumah anda. Perkirakan berapa kaleng cat yang harus anda butuhkan untuk memperindah rumah anda. Dalam mengecat pun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dari pengecetan tembok baru, ulang. Tembok rumah pun harus kokoh dan kuat agar hasil cat yang memuaskan.

Dalam hal ini akan dijelaskan cara mudah mengecat tembok bagi anda yang masih pemula. Adapun cara mengecat tembok, yaitu :

  1. Siapkan segala yang dibutuhkan untuk mengecat rumah, kuas, rol, serta kaleng cat.
  2. Bersihkan semua hal – hal yang mengalangi anda dalam mengecat rumah, hati – hatilah agar cat tidak tumpah.
  3. Dinding tembok yang kotor haruslah di cuci terlebih dahulu, dengan menggunakan vacuum cleaner atau lap basah agar mudah untuk di cat.
  4. Jika ada sedikit retak pada tembok segeralah di tambal agar permukaan tembok rata dan mudah di cat.
  5. Sebelum di cat tebal di lapisi, lapisi dahulu dengan cat lapisan dasar tunggu hingga 1 – 2 jam agar mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.
  6. Siapkan cat air sebanyak 10 % dari jumlah cat, lalu aduk hingga 5 menit agar merata.
  7. Cat rumah anda hingga rata dengan melakukan gerakan zig zag dari atas ke bawah secara dua kali agar tebal. Jika semua dinding sudah tertutupi, setelah 2 – 3 jam cat kembali untuk meratakan permukaan dinding tembok.
  8. Bagi anda yang ingin mengecat langit – langit gunakan cat yang aga tebal, sehingga ketika mengecat, cat tidak mudah menetes dan pekerjaan cepat diselesaikan.
  9. Jika anda ingin merubah warna dinding, pertama kali di amplas dengan amplas atau lap hingga bersih, baru anda bisa cat kembali.
  10. Terkadang anda ingin membuat warna dinding yang berbeda, bisa anda lakukan dengan mudah dan cara mengecat temboknya pun sama. .

 

Dalam hal ini anda bisa lakukan dengan mudah dan jika tembok sudah rapih dan bersih mudah sekali untuk mengecatnya. Semua orang bisa melakukan cat tembok. Biasanya untuk ruang tamu saja bisa menghabiskan 1 kaleng cat besar dengan harga berkisar Rp 200.000 sampai Rp 300.000. Belilah cat dengan warna terang. Tidak perlu menyewa tukang bangunan untuk mengecat rumha, jika anda tidak sibuk bisa dilakukan sendiri. Rumah yang indah itu bisa diliat dari cat yang cerah. Jika anda masih bingung untuk memilih cat tembok rumah, bisa menanyakan kepada arsitek yang mengerti. Seperti itulah cara mengecat tembok yang aman dan bisa menghasilkan yang memuaskan.

Apa Saja Penyebab Dinding Retak

Penyebab dinding retak – Dinding yang retak adalah disaat dinding memiliki retakan di daerah dinding yang halus. Dinding retak tentu sangat mengganggu penampilan sebuah rumah atau gedung. Bangunan rumah dan gedung yang tadinya terlihat cantik dengan paduan warna cat yang indah dan halusnya permukaan dinding menjadi kurang menarik. Di saat dinding tembok Anda rusak, segera perbaikinya agar menghadiri tembok yang cantik kembali. Kehadiran dinding tembok yang retak selain mengurangi keindahannya, juga manjadi penyebab dinding bolong. Banyak orang yang terkesan tidak peduli melihat dinding tembok retak. Hal ini karena mereka berpikir bahwa hal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada dinding. Padahal jika terus dibiarkan, lama-kelamaan tembok yang dibiarkan begitu saja akan bolong. Ini akan membuat Anda harus menembel dinding yang bolong tersebut dan mengecatnya ulang. Tentu saja jika hal ini sampai terjadi malah membuang-buang uang Anda.

Ada beberapa faktor penyebab dinding retak dan cara memperbaikinya yang akan diulas. Macam dinding retak pertama yang sering kali kita temui adalah jenis retak rambut. Jenis retak yang demikian akibat dari campuran bahan plesteran yang tidak baik. Mungkin pasir yang Anda pakai kotor dan masih tercampur dengan kotoran dan tanah. Selain itu, retakan ini dapat terjadi karena proses pengacian yang dilakukan belum pada saatnya. Sebelum Anda melakukan pengacian hendaknya Anda memastikan bahwa dinding yang akan diaci telah kering. Biasanya jarak dari proses plesteran dengan pengacian adalah 2 minggu. Apabila proses pengacian dilakukan kurang dari 2 minggu, kemungkinan tembok Anda akan retak besar. Untuk memperbaiki dinding tembok yang retak ini, ada cara yang benar yang dapat Anda lakukan.

  1. Perbesar celah pada retakan yang ada menggunakan kape.
  2. Setelah diperbesar, tutuplah retakan tersebut menggunakan plamur tembok.
  3. Apabila plamur tembok dirasa telah mengering, Anda dapat mengamplas permukaannya sampai halus.
  4. Saat sudah halus, langkah berikutnya adalah proses pengecatan.

Selain retak berbentuk rambut, ada pula retak dinding akibat struktur. Retakan akibat struktur biasanya akan berbentuk diagonal dan sering sekali terjadi retakan ini ukurannya besar. Ada pula retakan dinding yang berbentuk vertikal yang nantinya akan membesar dibagian bawah. Penyebab dinding retak yang satu ini disebabkan oleh gempa. Terkadang dinging akan mengalami gaya geser sehingga terjadi pergeseran permukaan yang menyebabkan dinding tidak memiliki pondasi untuk menyokong tubuhnya dan akhirnya membuat tembok menjadi retak. Sedangkan penyebab dinding retak untuk dinding retak yang terjadi dengan pola yang vertikal biasanya terjadi karena balok sloof patah pada tempat bertumpunya dinding. Pada dinding retak karena strukturnya dapat diatasi dengan menggali lantai. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana terjadinya kerusakan pada balok sloof. Jika sloof sudah rusak, buatlah perkuatan dengan menggunakan balok agar sloof menjadi kuat kembali. sesudah Anda memperkuat bagian sloof, tambal bagian retakan yang sudah ada dengan menambabh bonding agent. Setelah itu plamur yang selanjutnya dapat diteruskan dengan mengecat kembali dinding yang telah diperbaiki. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, itulah jargon yang sering sekali kita dengan di masyarakat, begitu pula dengan tembok retak. Tembok yang retak dapat di cegah jika Anda menggunakan bahan plesteran yang baik. Bahan yang baik disini maksudnya adalah menggunakan semen yang kualitanya baik dan menggunakan pasir yang bebas dari kotoran dan tanah. Sebelum memakai pasit lebih baik jika disaring terlebih dahulu.

Tebal Dinding Rumah yang Ideal

Tebal dinding rumah – Banyak yang harus diperhatikan dalam proses membangun rumah yang ideal. Tidak hanya perlu mengatur desain rumah yang sesuai dengan selera saja, pengaturan dinding juga perlu diperhatikan agar hasil pembangunan sesuai dengan impian Anda. Biasanya, dalam pengerjaannya banyak sekali detail yang sering diabaikan oleh pemborong dikarenakan waktu dan biaya sehingga masalah kualitas bangunan sering diabaikan. Akibatnya, kerusakan pada bangunan tidak dapat dihindarkan. Bahkan, kerusakan dapat terjadi dalam waktu yang singkat setelah rumah selesai di bangun.

Yang sering terjadi dan mudah dilihat dalam waktu singkat adalah dalam hal pengerjaan dinding, masalah yang sering timbul adalah permukaan dinding yang tidak rata cenderung bergelombang, plesteran yang retak. Sehingga pada saat setelah selesai dicat, dinding tidak enak dipandang.

Pekerjaan dinding yang baik akan mempermudah pekerjaan selanjutnya seperti pemasangan kusen pintu dan juga kusen jendela. Ada beberapa pertanyaan yang timbul sebelum pengerjaan dinding dimulai, seperti seberapa tebal dinding yang ideal?

Tebal Tembok rumah yang ideal sebenarnya tidak ada sebuah patokan yang pasti, semaikin tebal tembok rumah semakin banyak bahan yang dibutuhkan artinya semakin banyak biaya yang akan dikeluarkan. Biasanya ketebalan dinding ditentukan oleh output yang dikeluarkan oleh arsitek, disesuaikan dengan material ditentukan. Oleh karen itu karena alasan biaya, untuk rumah sederhana ketebalan tembok dibuat seminim mungkin.

Bahan-bahan yang biasa digunakan pada pembuatan dinding rumah adalah bata merah, batako dan bata ringan. Ketiga bahan tersebut merupakan bahan pembuat dinding yang biasa digunakan oleh arsitektur. Untuk menentukan bahan pembuat dinding yang sesuai dengan selera Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan pembuat dinding. Berikut beberapa informasi yang dapat Anda ketahui:

  • Bata merah merupakan bahan pembuat dinding yang paling banyak digunakan orang-orang dalam membangun rumah. Untuk membuat ketebalan dinding dengan menggunakan batu bara merah bervariatif dari 12 cm sampai dengan 15 cm tergantung jenis bata merah yang dipakai. cara menghitungnya adalah sebagai berikut, lebar batu bata merah  yang beredar di pasaran adalah 7 cm, 8 cm, dan 10 cm, dengan menggunakan tebal plesteran minimal 2 cm dan tebal acian kira-kira 0.5 cm per sisi, maka ketebalan minimal yang bisa dicapai adalah 7 + (2.5 cmx 2) = 12 cm (menggunakan bata merah dengan ukuran lebar terkecil yaitu 7cm) Dilihat dari harganya, bata merah tergolong murah dan sesuai dengan kantong banyak orang. akan tetapi dalam proses pengerjaan membuat dinding memakan waktu yang relatif lama karena ukurannya yang kecil-kecil sehingga akan menjadi pembengkakan di biaya tenaga kerja. bukan hanya itu saja, bata merah cenderung lebih memakan biaya bahan untuk pemasangan dan plesteran lebih banyak karena semen pasir yang banyak.
  • Batako merupakan bahan bangunan yang dibuat dengan campuran semen dan pasir. Ada pula batako yang dibuat dari kapur dan batu tras. Meskipun tidak sekuat bata merah, batako masih dilirik oleh mereka yang akan membangun rumah. Tebal dinding rumah yang terbuat dari batako dapat disesuaikan dengan budget pembuatnya. Batako memilii berat yang jauh lebih ringan daripada bata merah. Dalam membentuk dinding yang terbuat dari batako Anda tak membutuhkan waktu yang lama dalam membentuk dinding dengan batako. dikarenakan ukurannya yang lebih besar dibanding bata merah anda hanya membutuhkan waktu yang sedikit untuk memasang batako untuk menjadi sebuah dinding. tetapi batako masih memerlukan bahan semen pasir untuk pemasangan dan juga plesteran yang banyak hampir sama dengan bata merah. batako menjadi pilihan bagi orang yang mementingkan budget rendah dan kecepatan. Dengan ukuran lebar 8 cm dan 10 cm yang beredar di pasaran. Sehingga ketebalan dinding yang dapat diraih adalah 13 cm dengan menggunakan batako tebal 8 cm dan 15 cm untuk batako tebal 10 cm
  • Bata ringan merupakan salah satu bahan pembuat dinding lainnya yang dapat Anda pilih. Sesuai dengan namanya, bata ringan memiliki berat yang ringan jika dibandingankan dengan bata merah. Dalam membentuk menjadi sebuah dinding, Anda juga hanya membutuhkan waktu yang singkat mengingat bentuk bata ringan yang mudah dibentuk. Dengan dimensi yang lebih besar dan berat yang lebih ringan dibanding jenis bata diatas menjadikan bata ringan menjadi primadona bagi para kontraktor, bagaimana dengan kekerasan dan juga biaya bahan yang dibutuhkan? bata ringan mempunyai sifat kekerasan yang ada di tengah-tengah diantara bata merah dan batako. Biaya bahan yang dibutuhkan paling rendah, karena biaya tenaga kerja yang cepat dan juga hanya memerlukan bahan yang jauh lebih sedikit. ukuran tebal tembok yang dapat dihasilkan oleh bata ringan mulai dari 9 cm dengan menggunakan bata ringan 7.5 cm dan 0.75 cm ketebalan plester dan aci dengan menggunakan mortar rendering di setiap sisinya.

Ketiga bahan-bahan pembuat dinding tersebut, dapat digunakan menjadi dinding bangunan. Anda hanya perlu mengatur dan memilih bahan mana yang akan Anda pilih dan digunakan untuk rumah Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dalam mengatur ketebalan dinding juga dapat disesuaikan dengan selera Anda.. Semoga dengan informasi tersebut dapat Anda gunakan dalam acuan membuat dinding rumah yang sesuai dengan idaman anda dan acuan ini membuat anda terhindar dari kesalahan dalam membangun rumah. Selamat mencoba.

Cara Ngaci Tembok dengan Mudah dan Tepat

Membangun sebuah bangunan dibutuhkan bahan material yang baik dan tenaga ahli yang ahli dibidangnya. Tidak hanya itu, cara ngaci tembok yang benar pun menjadi salah satu faktor pendukung bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan dapat bertahan dari terpaan angin maupun hujan. Seperti yang Anda ketahui, bangunan dapat berdiri dengan kokoh apabila pondasi bangunan terbentuk dengan benar. Jika pondasi bangunan tidak terbentuk dengan baik, bangunan tidak akan berdiri dengan semestinya bahkan dapat terjadi bentuk bangunan yang miring ke samping layaknya menara Pisa. Tentunya hal tersebut tidak ingin dialami oleh mereka yang ingin membangun sebuah bangunan permanen. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk mengaci tembok dengan tepat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

Cara ngaci tembok dengan bak dimulai dengan pemilihan bahan-bahan pendukung yang berkualitas. Bahan-bahan yang perlu diperhatikan adalah kualitas semen dan pasir. Bahan-bahan tersebut dapat dijadikan pendukung pembentuk bangunan dengan baik dan tepat. Tanpa adanya bahan semen dan pasir yang berkualitas, sangat mustahil bangunan dapat berdiri dengan baik. Selain itu, Anda juga membutuhkan tenaga ahli dalam membangun sebuah bangunan. Mereka mengetahui dengan baik cara ngaci tembok yang benar dan tepat. Berikut beberapa cara yang dilakukan dalam mengaci tembok:

  • Pilihlah pasir dengan kualitas bak dan hindari pasir yang mengandung lumpur tinggi.
  • Perhatikan bahan-bahan pengaduk bahan acian dan usahakan takaran bahan-bahan acian berjumlah seimbang.
  • Sebelum melakukan pengacian, kondisikan keadaan dinding dalam keadaan kering. Biarkan dinding selama 2 minggu setelah melakukan plesteran.
  • Jika proses pengacian akan dilakukan, basahi dinding yang telah diplester dengan sedikit air agar acian tidak mengalami proses pengeringan dalam waktu yang singkat.
  • Perhatikan waktu untuk mengaci. Jika terlalu lama mengaci maka dinding akan lembab dan jika terlalu cepat mengaci, maka permukaan dinding akan kering dan mudah retak.
  • Perhatikan pula ketebalan acian. Ketebalan acian 1 mm hingga 3 mm merupakan ketebalan acian yang ideal.
  • Jika dinding banyak terdapat lubang, pastikan lubang ditutup dahulu sebelum melakukan proses acian tembok dengan menggunakan semen.

Bagi mereka yang tidak mengetahui proses acian tembok dengan benar, kualitas tembok dan tampilan tembok akan terlihat kasar. Permukaaan tembok terlihat seperti kulit yang kasar dan banyak benjolan. Berbeda lagi jika Anda benar dalam melakukan acian tembok. Dinding pada tembok akan terlihat halus dan sedap dipandang. Melakukan kesalahan dalam mengaci merupakan kesalahan yang fatal dalam membangun sebuah bangunan. Pasalnya, mengaci tembok merupakan dasar membuat tampilan bangunan menjadi lebih indah dan baik. Hampir semua bagian bangunan merupakan sebuah dinding dan dinding merupakan sebuah “wajah” dari suatu bangunan. Untuk itulah, pembentukan dinding merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Mulai dari bentuk, bahan pembuat dinding hingga pemilihan warna dinding. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara mengngaci tembok yang benar, tidak ada salahnya untuk mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Jika Anda mengikuti semua langkah yang disebutkan di atas, proses pengacian dapat berjalan dengan baik dan lancar. Anda juga akan mengetahui pengetahuan mengenai cara ngaci tembok dengan benar. Pengetahuan ini dapat menjadi bekal Anda dalam membangun sebuah bangunan dengan baik dan benar. Anda juga dapat berbagi pengetahuan kepada teman-teman agar mereka mengetahui cara mengaci tembok dengan baik.

Cara Plester Tembok dengan Mudah

Cara plester tembok – Memplester tembok merupakan hal yang mudah yang mudah, namun demikian Anda harus memiliki perhatian lebih akan pekerjaan ini. Memplester tembok yang di anggap mudah ternyata harus diiringi dengan konsenstrasi yang lebih. Pekerjaan yang satu ini menuntut perhatian dan metode-medote yang baik agar hasil yang dicapai mendapatkan tembok dengan kualias baik dan rata. Sebelum melakukan pemlesteran, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan. Peralatan yan dibutuhkan tersebut seperti : meteran, kertas semen atau kertas bekas bekas dari sak semen, roskan kayu atau besi, jidar alumunium dan benang. Setelah Anda menyiapkan peralatan tersebut, masih ada bahan-bahan yang harus Anda persiapkan lagi. Barang pertama yang mesti Anda siapkan adalah triplek, bahan keduanya adalah kawat ayam. Kawat ayam ini digunakan saat plesteran yang membutuhkan perkuatan khusus. Kawat ayam ini biasa digunakan pada plesteran yang memiliki ketebalan lebih dari 3 cm. Bahan selanjutnya yang diperlukan yakni air dan bahan terpentingnya adalah semen.

Jika semua alat dan bahan yang disebutkan diatas telah disiapkan, sekarang saatnya Anda memplester tembok rumah Anda. Apabila Anda menginginkan hasil yang baik, ada baiknya jika Anda mengikuti cara plester tembok dibawah ini.

  1. Pastikan bahwa dinding batu bata telah terpasang sesuai dengan rencana bangunan yang diinginkan. Selain itu, pastikan pula dinding yang telah terpasang telah berdiri dengan tegak dan rapih agar tidak menghambat pekerjaan selama proses pemlesteran sedang berlangsung.
  2. Basahi permukaan dinding batu bata yang telah dibuat tersebut menggunakan air. Siram saja bagian batu bata menggunakan selang air agar air dapat membasahi tembok secara merata.
  3. Buatlah adukan plesteran menggunakan semen. Buat adukan ini sesuai dengan perbandingan material yang menurut Anda paling pas.
  4. Ikat caplakan di bagian ujung benang dan pasang benang di sebuah sisi untuk menentukan kesamaan ketegakan pada sisi vertikal maupun sisi horizontalnya.
  5. Tentukan dimana letak instalasi mekanikal elektrikal yang ada didalam plesteran. Jangan lupa untuk memastikan bahwa instalasi yang sudah Anda kerjakan terpasang dengan benar, hal ini agar tidak adanya pembobrokan dimasa datang akibat kesalahan instalasi.
  6. Mulailah pekerjaan pelesteran tembok rumah Anda. Selalu ukur kerataan hasil plesteran Anda menggunakan jidar.
  7. Setelah proses pemlesteran selesai, basahi hasil plesteran Anda kurang lebih selama 7 hari. hal ini pastinya menghindari yang namanya retakan pada tembok yang kerap mendatangi tembok.
  8. Jangan mulai pengacian tembok pada saat tembok masih dalam keadaan basah, tunggu saja sampai keadaan tembok sudah benar-benar kering. Cata plester tembok ini adalah cara yang terbaik agar tidak mendapatkan tembok yang retak.

Untuk mengetahui apakah cara plester tembok yang telah Anda kerjakan itu baik atau tidak, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi. Syarat pertama yang harus terpenuhi adalah permukaaan dari dinding haruslah rata dan halus. Jika tembok sudah rata dan halus, itu tandanya Anda mengikuti instruksi dengan urut dan benar. Syarat kedua adalah tidak keropos, jika Anda membasahi dinding dan menunggunya hingga bear-benar kering, tembok tidak akan keropos. Syarat berikutnya adalah dinding harus memiliki ketegakan yang lurus dan juga rapi. Syarart terakhir yang harus terpenuhi adalah hemat plesteran. Hal ini dapat dilihat dari ketebalan plesteran, apabila tipis Anda berhail. Jika sema syarat yang telah disebutkan diatas ada pada hasil kerjaan Anda, berarti Anda telah mengerjakan pemlesteran dengan baik.